Freelance Jobs

Tips : Cara Merawat Landak Mini

Landak Mini

Landak Mini

MEOOONG.com- Landak mini merupaka binatang yang lucu dan unik serta menggemaskan. Bagi anda yang ingin memiliki atau sedang memiliki landak mini, tentunya ingin tahu bukan cara merawat landak mini yang baik? Namun sebelum kita bahas bagaimana cara merawatnya ada baiknya kita kenal lebih dekat yuk dengan si landak mini ini.

Landak mini adalah mamalis dari family Eriaceinae yang tersebar di Eropa, Afrika, Selandia Baru dan Asia. Ada kurang lebih 16 spesies landak mini di dunia ini. Landak mini ini memiliki duri tapi tidak beracun, makanya saat ini makin banyak orang yang memelihara landak mini sebagai hobi.

Oiya sobat, landak mini merupakan hewan yang aktif pada malam hari atau istilah biologinya adalah hewan nocturnal, jadi biasa maen sama kelelawar dan burung hantu, hehe becanda. Jadai kalo siang dia bersembunyi di tempat yang gelap. Usia hidup landak itu bervariasi bisa hidup hingga usia 6-10 tahun. Tergantung perawatannya juga, semakin baik merawatnya maka umurnya akan semakin panjang.

Cara Merawat Landak Mini Dari Segi Kandang

Kandang landak mini sebaiknya terbuat dari bahan logam, aquarium atau  plastik sangkar seperti kandang kucing atau hamster. Untuk penangkaran landak mini banyak yang memakai aquarium.

Hanya saja untuk kandang landak mini sebaiknya dibuat kandang yang lebih besar supaya dia dapat berlari kesana-kemari dan membuat sarang. Minimal tinggi kandang 30 cm supaya dia tidak bisa memanjat. Lalu alas dari kandang menggunakan apa? Jangan sampai alasnya dari logam ya, usahkan dari bahan-bahan yang nyaman buat kaki landak seperti serbuk gergaji.

Selanjutnya jangan lupa siapkan tempat kecil di pojok kandang untuk tempat berlindung landak mini. Buatlah semacam saung atau gua kecil dari kayu atau bahan plastik untuk tempat tinggal landak mini di siang hari. Karena hewan ini tidak terlalu suka cahaya. Simpan kandang landak mini pada suhu 21-27 derajat celcius untuk kenyamanan landak. Bersihkan kandang seminggu sekali supaya kandang tidak bau.

Cara merawat landak mini dari segi makanan

Landak mini termasuk hewan insectivore, yaitu hewan pemakan serangga. Tapi meski demikian Anda bisa memberi makanan lain yaitu makanan kering  yang biasa diberikan ke kucing atau ke anjing. Letakkan makanan pada wadah yang berat yang terbuat dari kaca seperti mangkok atau asbak. Hal ini supaya wadah tidak cepat terguling.

Selingi dengan makanan lain seperti ulat hongkong, ulat jerman dan serangga lainnya.  Sediakan juga air minum dan sebaiknya diberikan sarana air minum seperti halnya hamster. Jadi landak bisa menyedot air seperti sedang ngedot. Jika diberikan air minum di wadah khawatirnya malah di injak-injak oleh landak akhirnya malah kotor.

Cara merawat landak mini dari segi kebersihan

Landak mini juga harus dibersihkan badannya dengan cara dimandikan. Cara memandikan landak mini cukup mudah. Sediakan wadah baskom berisi air, sikat gigi dan shampo bayi atau sabun bayi. Jika anda memasukkan landak mini ke air jangan khawatir dia tenggelam, karena dia bisa berenang. Cara memandikannya yaitu masukkan ke air sebentar atau disiram lalu siramkan sabun cair kebagian punggungnya lalu gosok dengan sikat gigi perlahan-lahan.

Untuk bagian bawah silahkan bersihkan dengan tangan bagian perut, bagian kaki dan bagian sela-sela tubuhnya. Setelah disabunin selanjutnya bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk. Setelah itu landak mini akan lebih segar terlihat.
Nah itulah cara merawat landak mini, semoga bermanfaat

comments powered by Disqus